HARNO, HARNO (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURS (CUPS). Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI HARNO H0418313.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HARNO H0418313.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of SKRIPSI HARNO H0418313 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HARNO H0418313 (pdf.io).pdf
Download (653kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) yang dikembangkan melalui hasil validasi dari validator. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah validator atau ahli yang terdiri atas dua dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsulbar dan satu guru SMA Negeri 1 Majene. Prosedur penelitian mengacu pada tahapan-tahapan dari model pengembangan Borg and Gall, yang tahapannya dibatasi menjadi 5 langkah yang terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Penelitian ini menunjukkan bahwa data dari tiga validator secara keseluruhan menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan persentase 82,22%. Adapun hasil dari validator 1 yaitu dengan persentase sebesar 89,15% dengan kriteria sangat valid. Kemudian validator 2 dengan persentase 78,32% dengan kriteria valid, dan terakhir validator 3 dengan
persentase 79,18% dengan kriteria valid. Oleh karena itu, LKPD berbasis Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) yang telah dikembangkan sudah siap diuji coba karena telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validitas.
The purpose of this study was to determine the feasibility of LKPD based on Conceptual Understanding Procedures (CUPs) developed through validation results from validators. The research method used is Research and Development (R&D) using the Borg and Gall development model. The subjects of this study were validators or experts consisting of two lecturers from the Physics Education Study Program, FKIP Unsulbar and one teacher from SMA Negeri 1 Majene. The research procedure refers to the stages of the Borg and Gall development model, the stages of which are limited to 5 steps consisting of potential and problems, data collection, product design, design validation, and design revision. This study shows that data from the three validators as a whole shows that the product that has been developed is in the very valid criteria with a percentage of 82.22%. The results of validator 1 are with a percentage of 89.15% with very valid criteria. Then validator 2 with a percentage of 78.32% with valid criteria, and finally validator 3 with a percentage of 79.18% with valid criteria. Therefore, the LKPD based on Conceptual Understanding Procedures (CUPs) that has been developed is ready to be tested because it has met the eligibility criteria based on the validity results.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, CUPs, Valid. LKPD, CUPs, Valid. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:11 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2291 |