NURMADINAH, NURMADINAH (2025) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARBIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI UPTD SMA NEGERI 3 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of NURMADINAH SKRIPSI.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NURMADINAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of NURMADINAH SKRIPSI (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NURMADINAH SKRIPSI (pdf.io).pdf
Download (1MB)
Abstract
Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan karena motivasi merupakan faktor internal penting yang mendorong siswa untuk mencapai prestasi akademik yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di UPTD SMA Negeri 3 Majene. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian berjumlah 84 siswa dan diambil secara total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup untuk mengukur motivasi belajar dan dokumentasi nilai ulangan harian untuk hasil belajar. Hasil uji statistik menggunakan korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar, dengan nilai r = 0,22 dan signifikansi 0,006 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka hasil belajar mereka cenderung semakin baik. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru dan orang tua untuk lebih memperhatikan faktor motivasi dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan salah satu faktor kunci yang memengaruhi keberhasilan akademik siswa, khususnya dalam mata pelajaran Biologi.
The relationship between learning motivation and academic achievement is a central concern in the field of education, as motivation is a crucial internal factor that drives students to attain optimal academic performance. This study aims to determine the relationship between learning motivation and the biology learning outcomes of Grade XI MIPA students at UPTD SMA Negeri 3 Majene. A quantitative method with a correlational design was employed. The research sample consisted of 84 students, selected using total sampling. Data collection
instruments included a closed-ended questionnaire to measure learning motivation and documentation of daily test scores to assess learning outcomes. Statistical analysis using Pearson correlation revealed a positive and significant relationship between learning motivation and learning outcomes, with a correlation coefficient (r) of 0.22 and a significance value of 0.006 (p < 0.05). This indicates that the
higher the students' learning motivation, the better their academic performance tends to be. These findings have important implications for teachers and parents to pay greater attention to motivational factors in the learning process. The study concludes that learning motivation is a key factor influencing students academic success, particularly in Biology.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasl Belajar, Biologi, Korelasi. Learning Motivation, Learning Outcomes, Biology, Correlation. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:25 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2289 |