Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAMBANG

DARMAWATI, DARMAWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAMBANG. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of Skripsi Darmawati.pdf] Text
Skripsi Darmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[thumbnail of Skripsi Darmawati (pdf.io).pdf] Text
Skripsi Darmawati (pdf.io).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TeamsGames Tournament (TGT) berbantuan Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bambang. Metode yangdigunakan adalah eksperimen semu dengan desain Non equivalent Control GroupDesign. Sampel terdiri dari kelas XI Peminatan Kesehatan (23 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XI Peminatan Informatika (28 siswa) sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran berlangsung selama empat pertemuan, dengan pengamatanaktivitas siswa dan guru melalui lembar observasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dari 62,74 menjadi 74,22, dan hasil belajar dari 45,04 menjadi 72,30. Sebaliknya, kelaskontrol yang menggunakan pembelajaran langsung hanya menunjukkanpeningkatan minimal pada motivasi dari 58,29 menjadi 58,96 dan hasil belajar dari 46,93 menjadi 57,86. Analisis inferensial menunjukkan bahwa databerdistribusi normal dan homogen, serta hasil uji hipotesis dengan nilai sig2- tailed 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams GamesTournament (TGT) berbantuan Word wall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bambang tahun pelajaran 2024/2025.
This study aims to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by Wordwall on students’ motivation and mathematicslearning outcomes in Grade XI at SMA Negeri 1 Bambang. A quasi-experimental method was used with a Nonequivalent Control Group Design. The sampleconsisted of 23 students from XI Health Science (experimental class) and28students from XI Informatics (control class). Learning was conducted over four sessions, with student and teacher activities observed using observation sheets. Descriptive analysis showed an increase in the experimental class’s averagemotivation from 62,74 to 74,22 and learning outcomes from45,04 to 72,30. Meanwhile, the control class, taught using direct instruction, showed only slight increases: motivation from 58,29 to 58,96 and learning outcomes from46,93to57,86. Inferential analysis confirmed that the data were normally distributedandhomogeneous. Hypothesis testing at a significance level of 0,05 (sig. 2-tailed0,000 < 0.05) indicated a significant effect of the TGT model assistedbyWordwall on both variables. It can be concluded that the Teams GamesTournament (TGT) model assisted by Wordwall significantly influences students’ motivation and mathematics learning outcomes in Grade XI at SMANegeri 1Bambang in the 2024/2025 academic year.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika. Teams Games Tournament, Wordwall, Learning Motivation, Mathematics Learning Outcomes.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Chaeril Anwar
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:17
Last Modified: 19 Aug 2025 02:23
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item