AFRIYANTI, AFRIYANTI (2025) PENGEMBANGAN LKPD MATERI JAMUR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS X SMA. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
![[thumbnail of AFRIYANTIdddddddeeeeeeeeeeeee.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AFRIYANTIdddddddeeeeeeeeeeeee.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of AFRIYANTIdddddddeeeeeeeeeeeee (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AFRIYANTIdddddddeeeeeeeeeeeee (pdf.io).pdf
Download (518kB)
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi memegang peran penting untuk memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar secara efektif sesuai dengan kebutuhan, minat, dan potensi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi jamur (fungi) kelas X SMA dan mengetahui validitas, kepraktisan, serta keefektivan terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi mendapatkan nilai dari validator sebesar 4,3 dengan kategori valid. Hasil kepraktisan LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan nilai dari respons guru sebesar 88% dengan kategori sangat baik dan nilai dari respons peserta didik sebesar 86,8% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai N-Gain sebesar 0,63 yang memenuhi kriteria dengan kategori 0,70 ≥ g ≤ 0,30, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir peserta didik Kelas X SMAN 1 Tapango berada pada kategori sedang, disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi efektif.
Differentiated learning plays an important role to ensure that each student can learn effectively according to their needs, interests, and potential. This study aims to develop LKPD based on differentiated learning on the material of fungi for grade X of high school and to determine the validity, practicality, and effectiveness of the LKPD developed. This study is a type of Research and Development (R & D) research using the ADDIE development model consisting of 5 stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the validation of LKPD based on differentiated learning obtained a value from the validator of 4.3 with a valid category. The results of the practicality of LKPD based on differentiated learning showed a value from the teacher's response of 88% with a very good category and a value from the student's response of 86.8% with a very good category. The results of the analysis show that the N-Gain value is 0.63 which meets the criteria with the category 0.70 ≥ g ≤ 0.30, so it can be said that the thinking ability of Class X students of SMAN 1 Tapango is in the moderate category, it is concluded that the use of LKPD based on differentiated learning is effective.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Pembelajaran Berdiferensiasi, Jamur. LKPD, Differentiated Learning, Mushrooms. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Chaeril Anwar |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:16 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2241 |