Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN MAJENE (STUDI KASUS KELOMPOK TANI DESA PAMBOBORANG, KECAMATAN BANGGAE)

JUSNAWATI, JUSNAWATI (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN MAJENE (STUDI KASUS KELOMPOK TANI DESA PAMBOBORANG, KECAMATAN BANGGAE). Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI JUSNAWATI_.pdf] Text
SKRIPSI JUSNAWATI_.pdf

Download (465kB)

Abstract

JUSNAWATI. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Majene (Studi Kasus Kelompok Tani Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae). Dibimbing oleh Hasniar dan Ikawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Desa Pamboborang dan untuk mengetahui tingkat kinerja penyuluh pertanian dalam memberikan pelayanan untuk para petani. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu Metode Skoring, Importance Performace Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode skoring dapat disimpulkan bahwa tingkat kinerja penyuluh dan tingkat kepuasan petani secara keseluruhan menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan penyuluh. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) bahwa hasil CSI yang diperoleh dari kinerja penyuluh pertanian di Desa Pamboborang adalah sebesar 76,49%. Nilai tersebut berada pada selang 0,66%-0,80%, angka tersebut mengidentifikasi bahwa secara umum berada pada kategori puas. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dapat disimpulkan bahwa pada kuadran 1 kinerja penyuluh tersebut masih sangat kurang. Adapun atribut-atribut tersebut antara lain nomor A10 (Penyuluh menyampaikan informasi teknologi baru dan informasi pasar), A11 (Penyuluh melakukan pembelajaran melalui percontohan dan pengembangan model usaha bagi pelaku usaha), A12 (Kemampuan penyuluh dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas penyuluh melalui proses pembelajaran berkelanjutan), A13 (Penyuluh cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul), A14 (Penyuluh cepat tanggap dalam menangani pengaduan petani) dan A18 (Kemampuan penyuluh dalam memberikan pengetahuan tentang materi penyuluhan). Atribut yang terletak pada kuadran ini merupakan prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya, sehingga penyuluh pertanian harus mengupayakan sumberdaya yang memadai untuk meningkatkan kinerja tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Kinerja, Penyuluhan Pertanian
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Muzraq Perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2024 02:33
Last Modified: 22 May 2024 02:33
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item