AQILLA, FADIA (2025) PERSEPSI GURU BIOLOGI TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
![[thumbnail of SKRIPSI QILA revisi.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI QILA revisi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI QILA revisi (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI QILA revisi (pdf.io).pdf
Download (780kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi persepsi guru biologi terhadap penerapan kurikulum merdeka di SMAN Kabupaten Polman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri dari guru biologi SMAN di Kabupaten Polewali Mandar dan sumber data sekunder yang terdiri dari RPP/modul ajar dan kepala sekolah SMAN Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) peneliti, (2) lembar observasi, dan (3) pedoman wawancara, serta (4) dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru biologi tehadap implementasi kurikulum merdeka secara keseluruhan cenderung memiliki persepsi yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara dengan banyaknya ungkapan yang mendukung terhadap penerapan kurikulum merdeka. Persepsi yang baik dan mendukung tersebut tercermin dari kesediaan para guru untuk mengikuti kebijakan terkait konsep kurikulum merdeka, khususnya guru biologi yang bahkan merasa terbantu dengan adanya kurikulum merdeka karena kurikulum tersebut mengedepankan karakter baik para siswa maupun guru.
This study aims to determine the description of biology teachers' perceptions of the implementation of the independent curriculum at SMAN Polman Regency. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. Data sources in this study include primary data sources consisting of biology teachers at SMAN in Polewali Mandar Regency and secondary data sources consisting of RPP/teaching modules and principals of SMAN Polewali Mandar Regency. Data collection techniques use instruments: (1) researchers, (2) observation sheets, and (3) interview guidelines, and (4) documentation. The data validity testing technique uses technical triangulation and source triangulation, while the data analysis technique uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that biology teachers' perceptions of the implementation of the independent curriculum as a whole tend to have good perceptions. This is evidenced by the results of interviews with many expressions that support the implementation of the independent curriculum. This good and supportive perception is reflected in the willingness of teachers to follow policies related to the concept of the independent curriculum, especially biology teachers who even feel helped by the existence of the independent curriculum because the curriculum prioritizes the character of both students and
teachers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, kurikulum merdeka. perception, independent curriculum. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Chaeril Anwar |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 05:53 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:31 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2239 |