WILDA, SARI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI REVISI TERBARU WILDA SARI L.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI REVISI TERBARU WILDA SARI L.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of SKRIPSI REVISI TERBARU WILDA SARI L (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI REVISI TERBARU WILDA SARI L (pdf.io).pdf
Download (847kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah dan pemahaman konsep Biologi siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester genap tahun ajaran 2025/2026. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. (1) Lembar Observasi peneliti melakukan observasi partisipatif, yang berarti peneliti terlibat dalam kegiatan
yang sedang berlangsung. Lembar observasi ini dirancang untuk memahami kinerja guru dan aktivitas peserta didik yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran. (2) Tes merupakan metode pengumpulan data yang berasal dari jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan. Dalam penelitian ini, instrumen tes yang dihasilkan adalah dalam bentuk tes pilihan ganda 15 butir dan essay sebanyak 10 butir. Disimpulkan bahwa peserta didik dengan kemampuan berpikir tinggi tidak secara otomatis memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang tinggi, begitu juga sebaliknya peserta didik dengan kemampuanberpikir rendah belum tentu memiliki pemahaman konsep dan pemecahan
masalah yang rendah juga.
This study aims to describe how problem solving and understanding of Biology concepts of high, medium and low ability students of class XI MIPA 1 and XI MIPA 2. This study was conducted in April of the even semester of the 2025/2026 academic year. The research design used a qualitative approach. descriptive method. The instruments used in this study were observation sheets and tests. (1) Observation Sheet the researcher conducted participatory observation, which means the researcher was involved in the ongoing activities. This observation sheet is designed to understand teacher performance and student activities that may occur during the learning process. (2) The test is a method of collecting data derived from answers to questions that have been given. In this study, the test instruments produced were in the form of 15 multiple choice tests and 10 essays. It is concluded that students with high thinking skills do not automatically have high conceptual understanding and problem solving, and vice versa, students with low thinking skills do not necessarily have low conceptual understanding and problem solving.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah Concept Understanding, Problem Solving |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2230 |