NURUL, FATONA (2025) THE EFFECTIVENESS OF MNEMONIC TECHNIQUE TO INCREASE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY ON THE FIRST GRADE OF SMP NEGERI 2 POLEWALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI NURUL FATONA jilid KASET[1].pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL FATONA jilid KASET[1].pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI NURUL FATONA jilid KASET[1] (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL FATONA jilid KASET[1] (pdf.io).pdf
Download (567kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik mnemonik untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen, yaitu mengambil kelas pre-test dan post-test. Peneliti menggunakanpurposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel terdiri dari 58 siswa, 29 untuk kelompok eksperimen dan 29 untuk kelompok kontrol dari dua kelas di SMPN 2 Polewali Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen tes dan kuisioner. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Tes, instrumen pre-test dan post-test yang terdiri dari 20 soal dalam bentuk 15 pilihan ganda dan 5 esai, Instrumen kuesioner yang terdiri dari 10 pernyataan. Instrumen tersebut dipilih melalui uji prasyarat untuk memastikan tidak adaperbedaan yang signifikan antara kelompok-kelompok tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan independent-samples t-test dan skala liker untuk kuesionerdengan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test adalah 83,79, yang lebih tinggi dari nilai rata-ratapre-test, yaitu 60,17. Hal iniberarti Ha dapat diterima. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa memiliki pendapat yang positif terhadap penggunaan teknikmnemonik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang setuju dengan pernyataan mengenai penggunaan Teknik Mnemonik di kelas. Oleh karena itu, Teknik Mnemonik dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa setelah diberikan perlakuan.
The purpose of this study was to determine the use of the mnemonic technique to increase students' vocabulary mastery. The approach used in this research is quantitative. This study used a quasi-experimental design, namely taking pre-test and post-test classes. Researchers used purposive sampling as a sampling technique. The sample consisted of 58 students, 29 for the experimental group and 29 for the control group from two classes at SMPN 2 Polewali Research data was collected using a test instrument and quistionner. Data was collected using instrument Tests, pre-test and post-test instrument consisting of 20 questions in the form of 15 multiple choice and 5 essays, Questionnaires instrument consisting 10 statements. They were selected through prerequisite testing to ensure no significant difference between the intact groups. The data were analyzed using an independentsamples and liker scale for questionnaires with the SPSS version 25 application for windows. The results of the research analysis indicate that the average post-test score is 83.79, which is higher than the pre-test average value, which is 60.17. this means that Ha is acceptable. The results of Questionnaires showed that the students had a positive opinion of using mnemonic technique. it could be seen from the number of students who agree with the statement regarding about using Mnemonic Technique in class. Therefore, Mnemonic Technique can increase students’ vocabulary mastery after being given treatment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mnemonik Teknik, Penguasaan Kosa Kata. Mnemonic Technique, Vocabulary Mastery |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2229 |