Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIKKELAS X DI MAN 1 MAJENE

NURPADILAH, NURPADILAH (2025) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIKKELAS X DI MAN 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI NURPADILAH LENGKAPPP.pdf] Text
SKRIPSI NURPADILAH LENGKAPPP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURPADILAH LENGKAPPP (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI NURPADILAH LENGKAPPP (pdf.io).pdf

Download (681kB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pelaksanaan pembelajaran yang menyesuaikan terhadap minat atau ketertarikan peserta didik akan suatu hal, gaya belajar, serta kesiapan belajar yang dimiliki peserta didik agar tercapainya peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X MIA di MAN 1 Majene. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan
diketahui bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Biologi di MAN 1 Majene, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil posttest terjadi peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 95,32 setelah dilakukan proses pembelajaran berdiferensiasi. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai Sig. > 0,05, yang artinya kedua kelas berasal dari sampel yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai Sig. yaitu 0,205 > 0,05, artinya hasil belajar peserta didik berasal dari populasi yang homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data yang ada dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X di MAN 1 Majene.
Differentiated learning is the implementation of learning that adapts to students' interests or interests in something, learning styles, and learning readiness in order to achieve increased learning outcomes. This study aims to determine the effect of the application of differentiated learning on biology learning outcomes of students in class X MIA at MAN 1 Majene. This study uses quantitative research with a quasi-experimental method. The results of the study showed that there were differences in learning outcomes of students in the experimental class and the control class, this was indicated by the average value of the experimental class of 95.32 after the differentiated learning process was carried out. The results of the normality test showed a Sig. value > 0.05, which means that both classes come from normally distributed samples. The results o the homogeneity test showed a Sig. value. which is 0.205 > 0.05, meaning that the learning outcomes of students come from a homogeneous population. The results of the hypothesis test show a Sig. value of 0.000 < 0.05 which indicates that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the existing data, it is stated that there is an effect of the application of differentiated learning on the biology learning outcomes of class X students at MAN 1 Majene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Differentiated Learning, Learning Outcomes
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:10
Last Modified: 11 Aug 2025 07:10
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item
View Item