LISWANTI, LISWANTI (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 SENDANA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of Skripsi Liswanti fix.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Liswanti fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of Skripsi Liswanti fix (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Liswanti fix (pdf.io).pdf
Download (861kB)
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Sendana. Ditandai dengan rendahnya hasil belajar biologi siswa, dengan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 72, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah penggunaan model pembelajaran contextual tebeachnig and learning berbantuan media gambar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasiexperimental design). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model CTL berbantuan media gambar dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan bantuan media buku. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 81,81, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 63,14. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model CTL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Sendana pada mata pelajaran biologi sehingga penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran bagi guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif, bermakna, dan relevan dengan kehidupan nyata siswa.
The background of this study aims to determine the effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model assisted by image media on the biology learning outcomes of class XI IPA students at SMAN 1 Sendana. Marked by the low biology learning outcomes of students, with an average daily test score of 72, below the Minimum Completion Criteria (KKM) of 75. One of the influential factors is the use of the contextual teaching and learning model assisted by image media. This study uses a quantitative approach with a quasiexperimental design method. The research design used is Nonequivalent Control Group Design with two groups, namely the experimental class using the CTL model assisted by image media and the control class using the conventional learning model assisted by book media. Data were collected through pretest and posttest tests, then analyzed using descriptive and inferential statistics with normality tests, homogeneity tests and hypothesis tests. The results showed that there was a significant difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class. The average posttest score of the experimental class reached 81.81, higher than the control class which only reached 63.14. The hypothesis test showed a significance value of 0.000 <0.05, which means that there is a significant effect of the use of the CTL model assisted by image media on the learning outcomes of students at SMAN 1 Sendana in biology subjects so that the application of the Contextual Teaching and Learning model assisted by image media has proven effective in improving students' biology learning outcomes. This model can be an alternative learning strategy for teachers to create a learning process that is more interactive, meaningful, and relevant to students' real lives.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, media gambar, hasil belajar & biologi. Contextual Teaching and Learning, image media, learning outcomes, biology. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:57 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2223 |