Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOG SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI KELAS X SMA PADA MATERI PROTISTA

AFRIADI, AFRIADI (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOG SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI KELAS X SMA PADA MATERI PROTISTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of afriadi skripsi.pdf] Text
afriadi skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of afriadi skripsi (pdf.io).pdf] Text
afriadi skripsi (pdf.io).pdf

Download (909kB)

Abstract

Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisi materi pembelajaran, metode, keterbatasan, dan cara evaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi dan subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada materi protista kelas X SMA dan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi modul dengan orientasi mind map menggunakan lembar penilaian ahli media dan ahli material yang dinilai oleh validator 4.3 memperoleh kategori yang valid. Hasil kepraktisan modul dengan orientasi mind map menggunakan kuesioner respon guru dan kuesioner respon siswa. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa nilai respon guru sebesar 80,75% memperoleh kategori praktik dan nilai respon siswa sebesar 80,7% memperoleh kategori praktik. Hasil efektivitas modul dengan orientasi mind map menggunakan soal tes hasil belajar diperoleh sebanyak 80% pada kategori efektif.
Teaching materials are a set of learning facilities or tools that contain learning materials, methods, limitations, and ways of evaluating that are designed in a systematic and interesting manner in order to achieve the expected goal, namely to achieve competencies and subcompetencies with all their complexities. This research aims to develop a module with a on high school class X protist material and determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed module. This research is a type of research (R&D) research and development using the ADDIE development model which consists of five stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the validation of the e-module with the SETS Approach using media expert and material expert assessment sheets assessed by the validator of 4.3 obtained a valid category. The results of the practicality of the e-module with the SETS Approach using a teacher response questionnaire and a student response questionnaire. The results of the questionnaire analysis showed that
the value of the teacher's response of 80.75% obtained the practical category and the value of the student's response of 80.7% obtained the practical category. The results of the effectiveness of the module with a mind map orientation using learning outcome test questions were obtained by 80% in the effective category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, , Protista. Modules, Protista.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:56
Last Modified: 11 Aug 2025 02:56
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item
View Item