YUNI ASWANDA, YUNI ASWANDA (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI YUNI ASWANDA LENGKAP1-1[1] (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YUNI ASWANDA LENGKAP1-1[1] (pdf.io).pdf
Download (726kB)
![[thumbnail of SKRIPSI YUNI ASWANDA LENGKAP1-1[1].pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YUNI ASWANDA LENGKAP1-1[1].pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yaitu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, misalnya model pembelajaran PBL. Model Problem Based Learning (PBL) melibatkan peserta didik dengan masalahmasalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Majene. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 3 Majene telah dilaksanakan dengan baik. Guru berhasil menyajikan masalah yang relevan dan kontekstual, serta memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis dan mandiri dalam mencari solusi. Selain itu, siswa juga menunjukkan partisipasi yang aktif dalam diskusi kelompok dan kolaborasi yang efektif. Pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 3 Majene terlihat jelas pada nilai semester ganjil tahun 2024/2025. Nilai siswa berkisar antara 75 hingga 90, dengan sebagian besar siswa mencapai nilai yang baik, yang menunjukkan bahwa model PBL berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar mereka.
The background of this research is that one of the learning strategies that can be used by teachers is the application of learning models that suit students' needs, such as the Problem Based Learning (PBL) model. The PBL model engages students with real-world problems. This study aims to determine the influence of the PBL model on the biology learning outcomes of Grade X students at SMA Negeri 3 Majene. This research uses a qualitative approach with a descriptive qualitative design. Based on the results, the implementation of PBL in
biology learning for Grade X at SMA Negeri 3 Majene was carried out well. The teacher successfully presented relevant and contextual problems, facilitating students to think critically and independently in finding solutions. In addition, students showed active participation in group discussions and effective collaboration. The impact of the PBL model on students' learning outcomes was clearly seen in the odd semester scores for the 2024/2025 academic year. Student scores ranged from 75 to 90, with most students achieving good results, indicating that the PBL model contributed to improving students' conceptual understanding and learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Biologi, siswa SMA. Problem Based Learning, Learning Outcomes, Biology, High School Students. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:12 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2207 |