ST. MARWAH, ST. MARWAH (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of St. Marwah_Skripsi Lengkap (1).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
St. Marwah_Skripsi Lengkap (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
![[thumbnail of St. Marwah_Skripsi Lengkap (1) (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
St. Marwah_Skripsi Lengkap (1) (pdf.io).pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh guru merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pengembangan bahan ajar yang dapat menunjang efektivitas proses pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan melalui pemanfaatan teknologi adalah E-Modul interaktif, yang dinilai mampu meningkatkan minat dan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar E-Modul interaktif yang dikembangkan dengan aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA Negeri 1 Malunda. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination, namun dibatasi hingga tahap ketiga yaitu Development karena keterbatasan waktu. Selain itu, pada tahap Development telah tercapai tujuan utama penelitian, yakni menghasilkan E-Modul interaktif yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI Aksara SMA Negeri 1 Malunda. Hasil validasi menggunakan lembar penilaian ahli media dan ahli materi yang dinilai oleh validator menunjukkan nilai rata-rata total validasi dari ahli media dan ahli materi sebesar 4,8 dengan memenuhi kriteria valid. Kepraktisan dinilai dari angket respon guru yang menunjukkan nilai rata-rata total sebesar 85% dan angket respon siswa sebesar 87% pada uji coba kelompok kecil serta 88% pada uji coba kelompok besar, yang memenuhi kriteria sangat praktis. Keefektifan bahan ajar diukur melalui soal tes hasil belajar dengan nilai 81%, termasuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, E-Modul interaktif yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran.
The use of Information and Communication Technology (ICT) by teachers is one form of innovation in the development of teaching materials that can support the effectiveness of the learning process. One form of teaching material that can be developed through the use of technology is interactive E-Modules, which are considered to be able to increase students' interest and understanding of learning. This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of interactive E-Modules developed with the Flip PDF Corporate Edition application on the coordination system material for class XI SMA Negeri 1 Malunda. This study uses the Research and Development (R&D) method with a 4D development model, namely Define, Design, Development, and Dissemination, but is limited to the third stage, namely Development due to time constraints. In addition, at the Development stage, the main objective of the research has
been achieved, namely to produce an interactive E-Module that meets the criteria of valid, practical, and effective. The subjects of the research were 31 students of class XI Aksara SMA Negeri 1 Malunda. The results of validation using the assessment sheets of media
experts and material experts assessed by the validator showed an average total validation value from media experts and material experts of 4,8 by meeting the valid criteria. Practicality was assessed from the teacher response questionnaire which showed an average total value of 85% and the student response questionnaire of 87% in the small group trial and 88% in the large group trial, which met the criteria of very practical. The effectiveness of the teaching materials was measured through learning outcome test questions with a value of 81%, included in the very effective category. Thus, the interactive E-Module developed was considered valid, practical, and effective as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, E-Modul Interaktif, 4D, Flip PDF Corporate Edition. Teaching Materials, Interactive E-Modules, 4D, Flip PDF Corporate Edition. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:34 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2204 |