NUR FADILAH, NUR FADILAH (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI LIMBORO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of skripsi Nurfadilah asli jilid (1) (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Nurfadilah asli jilid (1) (pdf.io).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of skripsi Nurfadilah asli jilid (1).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Nurfadilah asli jilid (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri Limboro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental berupa nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A dan kelas IX B yang berjumlah 44 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji independent sampel t-test melalui SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Quizizz lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Artinya ada pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri Limboro.
This study aims to determine the effect of using Quizizz learning media on the mathematics learning motivation of ninth grade students of SMP Negeri Limboro. The approach used in this research is a quantitative approach with a quasiexperimental research design in the form of a nonequivalent control group design. The samples in this study were students of class IX A and class IX B totaling 44 students with the sampling technique of saturated sampling. The instrument used in this research is a questionnaire. The collected data were processed and analyzed using the N-Gain test and the independent sample t-test test through SPSS 24. The results of this study indicate that the mathematics learning motivation of students taught using Quizizz learning media is higher than using the direct learning model. This means that there is an effect of Quizizz learning media on the mathematics learning motivation of ninth grade students of SMP Negeri Limboro.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran Quizizz, Motivasi belajar Matematika. Quizizz learning media, Math learning motivation. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2200 |