MELATI, MELATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of Melati (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Melati (pdf.io).pdf
Download (509kB)
![[thumbnail of Melati Full.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Melati Full.pdf
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media baamboozle terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Majene. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe nonequivalent control design. Penelitian dilaksanakan di SMP 4 Majene tahun ajaran 2024/2025, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika serta lembar observasi. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t (Welch’s t-test) penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media baamboozle berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 4 Majene dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media baamboozle berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 4 Majene.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2193 |