HADIJA, HADIJA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DIPADUKAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TINAMBUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI HADIJA_ACC (2).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HADIJA_ACC (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of SKRIPSI HADIJA_ACC (2) (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HADIJA_ACC (2) (pdf.io).pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problembased learning dipadukan reading, questioning and answering terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Tinambung pada Semester Genap tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain quasi eksperimental berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tinambung yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 68 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI
MIA 2 dan XI MIA 3 yang berjumlah 68 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes baik pre-test maupun post-test. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample t-test. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil belajar siswa
yaitu 0,024˂0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem-based learning dipadukan reading, questioning and answering terhadap hasil belajar.
This research aims to determine the effect of the problem-based learning model combined with reading, questioning, and aswering on biology learning outcomes of students at XI SMAN 1 Tinambung in the second semester of the 2024/2025. The approach used in this research is quantitative, with a quasi-experimental design in the form of a nonequivalent control group design. The population of this research includes all students at XI SMAN 1 Tinambung, consisting of 2 classes with a total of 68 students. The sample in this research is class XI MIA 2 and XI MIA 3, totaling 68 students, selected using simple random sampling. The instruments used in this research are test instruments, both pre-test and post-test. The data analysis technique used to test the hypothesis in this study is the Independent Sample t-test. The results of this research show that the significance value 0.024 < 0.05 for learning outcomes. Therefore, it can be concluded that there is an effect of using the problem-based learning model combined with reading, questioning, and aswering on biology learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Reading, Questioning And Answering, Hasil Belajar. Problem-Based Learning, Reading, Questioning, and Aswering, Learning outcomes. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2191 |