OKTOVINA, OKTOVINA (2025) PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGIINFORMASI DAN INOVASI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA PASAR SENTRAL DI KABUPATEN MAJENE THE INFLUENCE OF INFORMATION TECHNOLOGY DEVELOPMENT AND INNOVATION ON INCREASING SALES USING SOCIAL MEDIA IN THE CENTRAL MARKET IN MAJENE REGENCY. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI_REVISI_7..pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_REVISI_7..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (991kB)
![[thumbnail of SKRIPSI_REVISI_7. (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_REVISI_7. (pdf.io).pdf
Download (483kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi informasi dan inovasi terhadap peningkatan penjualan dengan
menggunakan media sosial. Pada era digital saat ini, kemajuan teknologi informasi telah membawa banyak perubahan di berbagai sektor termasuk ekonomi dan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 75 pedagang yang terdiri dari pedagang pakaian dan kosmetik. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden dan kemudian di analisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan.
Hasil dari penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji f menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, inovasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dan teknologi informasi dan inovasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Pada uji koefisien determinasi diperoleh data sebesar 90% yang dapat dijelasakan oleh teknologi informasi dan inovasi, sedangkan 10% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
This study aims to determine the influence of information technology development and innovation on increasing sales using social media. In today's digital era, advances in information technology have brought many changes in various sectors including the economy and business. This study uses a quantitative method. The sample of this study was 75 traders consisting of clothing and cosmetics traders. The location of this research was carried out in Banggae District, Majene Regency.
Data were collected through interviews and questionnaires that were announced directly to respondents and then analyzed using multiple linear regression to test the proposed hypothesis. The results of the study obtained using the t-test and f-test indicate that
information technology has a significant effect on increasing sales, innovation has a significant effect on increasing sales and technology and innovation simultaneously have a significant effect on increasing sales. In the determination coefficient test, 90% of the data can be explained by information technology and innovation, while 10% can be explained by other variables not studied by the author.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi informasi, inovasi, peningkatan penjualan, media sosial. information technology, innovation, increased sales, social media. |
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2187 |