Nur, Hamida (2025) IMPROVING STUDENTS’ UNDERSTANDING OF PRESENT CONTINUOUS TENSE BY USING SPACED REPETITION METHOD. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of THESIS NUR HAMIDA.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS NUR HAMIDA.pdf
Download (717kB)
![[thumbnail of NUR HAMIDA Full.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR HAMIDA Full.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Metode Spaced Repetition dalam pembelajaran Present Continuous Tense serta mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Tinambung dengan pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimen, melibatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelas eksperimen meningkat dari 52,35 menjadi 72,27 pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 42,02% (kategori kurang efektif), namun lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 29,43% (kategori tidak efektif). Uji t independen menunjukkan signifikansi 0,000 (p < 0,05), menandakan adanya pengaruh signifikan metode tersebut terhadap pemahaman siswa. Selain itu, siswa memberikan respons positif, terutama dalam aspek pemahaman tata bahasa, akurasi menulis, dan motivasi belajar. Temuan ini mendukung penerapan Metode Spaced Repetition dalam pembelajaran tenses dan mendorong penelitian lebih lanjut dalam konteks yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spaced Repetition Method, Present Continuous Tense, Grammar, Writing, Student Perception. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 00:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 00:43 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2183 |