Ana Miranda, Ana Miranda (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTSN 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of Skripsi ANAMIRANDA H0221505.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi ANAMIRANDA H0221505.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of Skripsi ANAMIRANDA H0221505 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi ANAMIRANDA H0221505 (pdf.io).pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa MTSN 1 Majene yang diajar dengan media pembelajaran interaktif berbasis SAC lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis SAC. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest posttest control group desain.
Sampel dipilih secara cluster random sampling dengan teknik simple random sampling, sehingga dua kelas terpilih. Kelas VII C terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D terpilih sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil instrumen lembar observasi siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dan instrumen tes hasil belajar matematika. Kemudian data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis SAC secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa, ditunjukkan oleh kenaikan rata-rata
nilai kelas eksperimen dari kategori rendah ke tinggi, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari rendah ke sedang. Selain itu hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh untuk hasil belajar matematika besar 0,001, sehingga �0 ditolak dan �1 diterima, yang berarti bahwa hasil belajar matematika siswa MTSN 1 Majene yang diajar dengan media pembelajaran interaktif berbasis SAC lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis SAC.
This study aims to determine whether the mathematics learning outcomes of students at MTsN 1 Majene who were taught using interactive learning media based on SAC are higher than those of students who were taught without using SAC-based interactive media. This research is a quantitative study using a pretestposttest control group design. The sample was selected through cluster random sampling using a simple random sampling technique, resulting in two selected classes. Class VII C was designated as the experimental group and Class VII D as
the control group. Research data were obtained from student observation sheets, teacher implementation observation sheets, and mathematics learning outcome test instruments. The data were then analyzed using descriptive statistical analysis and inferential. The results showed that the use of interactive learning media based on SAC significantly improved students’ mathematics learning outcomes, as indicated by the increase in the average score of the experimental group from a low to a high category, while the control group only increased from a low to a moderate category. Furthermore, hypothesis testing showed a significance value of 0.001, indicating that H₀ is rejected and H₁ is accepted, meaning that the mathematics learning outcomes of students taught using SAC are significantly
higher than those of students taught without it.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Smart Apps Creator, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Matematika. Smart Apps Creator, Learning Outcomes, Learning Media, Mathematics. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2143 |