SRIMAN, JUNTAK (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING THE EPISODEN APPLICATION IN IMPROVING THE SPEAKING FLUENCY OF 2ND GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 3 MAJENE. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
![[thumbnail of SKRIPSI SRIMAN JUNTAK.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SRIMAN JUNTAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of SKRIPSI SRIMAN JUNTAK_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SRIMAN JUNTAK_organized.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media penggunaan aplikasi Episoden dalam meningkatkan kefasihan berbicara siswa, dan juga untuk mengetahui presepsi dari siswa terhadap penggunaan aplikasi Episoden.
Penelitian ini dilaksanakan di SMANegeri 3 Majene, dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pre Experimental With Intact-Group Comparison Type. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas MIPA XI 1 sebagai group eksperimen dan sebagai group kontrol yang berjumlah 28 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kefasihan berbicara siswa dan angket untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa setelah menggunakan aplikasi Episoden. Hasil penelitian ini menunjukkan berhasil meningkatkan kefasihan berbicara siswa yang terlihat dari rata-rata skor post-test yaitu 46.00. lebih tinggi dari rata-rata skor pre-test yaitu 29.21. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima. Selain itu, persepsi siswa juga
sangat positif, dapat dilihat dari skor rata-rata presepsi siswa yaitu 84%. Dengan mayoritas sangat setuju bahwa metode ini meningkatkan kefasihan berbicara mereka, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka selama berbicara. Guru dan siswa disarankan untuk terus mengintegrasikan aplikasi Episoden dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk peneliti selanjutnya peneliti dapat memberikan perlakuan yang lebih dalam penggunaan aplikasi, untuk mengetahui ke efektifan aplikasi Episoden lebih lanjut.
The purpose of this study was to determine the effectiveness of using Episoden application media in improving students' speaking fluency, and also to find out the perceptions of students towards the use of Episoden application.This research was conducted in SMA Negeri 3 Majene, with quantitative approach and Pre Experimental design with Intact-Group Comparison type. The samples of this study were students of MIPA XI 1 group as an experimental group and as a control group totalling 28 students selected using random sampling technique. Data
collection was conducted using tests consisting of pre-test and post-test to measure the improvement of students speaking fluency and questionnaires to obtain information about students’ perceptions after using Episoden application. The results of this study showed that it succeeded in improving students' speaking fluency as seen from the average post-test score of 46.00. higher than the average pre-test score of 29.21. From the results of these scores it can be concluded that H1 can be accepted. In addition, students' perceptions were also very positive, can be seen from the average score of students perceptions which was 84%. With the majority strongly agreeing that this method improved their speaking fluency, and increased their confidence during speaking. Teachers and students are advised to continue integrating the Episoden application in the learning process while for future researchers researchers can provide more treatment in the use of the
application, to find out the effectiveness of the Episoden application further.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Efektivitas Penggunaan Aplikasi Episoden Dalam Meningkatkan Kefasihan Berbicara Siswa Kelas Xi di Sma Negeri 3 Majene. |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Episoden, kefasihan berbicara |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Nurhasyim@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2122 |