Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMAN 1 CAMPALAGIAN

AGUS, AGUS (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMAN 1 CAMPALAGIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of new agus fix 3.pdf] Text
new agus fix 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of new agus fix 3 (pdf.io).pdf] Text
new agus fix 3 (pdf.io).pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran game based learning terhadap minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Campalagian. Game based learning menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mendorong siswa untuk belajar kreatif serta menjadikan pembelajaran menjadi tidak membosankan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest – posttest nonquivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa yang
terdiri dari 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan SMA Negeri 1 Campalagian. Pengumpulan data menggunakan instrument angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran game based learning terhadap minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Campalagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menggunkan Chi-Square Test diperoleh nilai sig 0,000, yang pada rumusan
hasilnya 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berkesinambungan dengan sebagian besar siswa kelas eksperimen memiliki kategori minat belajar yang tinggi dengan presentase 70,8%. Pada pembelajaran dengan menggunakan metode game based learning siswa lebih antusias pada proses pembelajaran, karena pada pembelajaran game based learning yang saling berebutan untuk mendapatkan skor atau point tertinggi sehingga mereka merasa tertantang untuk di setiap game nya.
This research aims to determine the effect of game based learning methods on students' interest in learning about the human reproductive system material in class XI Science at SMA Negeri 1 Campalagian. Game based learning makes learning fun and can encourage students to learn creatively and make learning less boring. This research is a quantitative research with a pretest – posttest nonquivalent
control group design. The research sample was 48 students consisting of 1 control class and 1 experimental class obtained using the cluster random sampling technique. This research was carried out by SMA Negeri 1 Campalagian. Data collection uses a questionnaire instrument. The results of the research show that there is an influence of game based learning methods on students' interest in
learning about reproductive system material in class XI Science at SMA Negeri 1 Campalagian. This can be seen from the results of the hypothesis test using the Chi- Square Test, which obtained a sig value of 0.000, which in the formulation results 0.000 < 0.05 so it can be interpreted that H0 is rejected and H1 is accepted. This is continuous with the majority of experimental class students having a high learning interest category with a percentage of 70.8%. In learning using the game based learning method, students are more enthusiastic about the learning process, because in game based learning they compete with each other to get the highest score or points so they feel challenged in each game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Game Based Learning, dan Minat Belajar.Influence, Game Based Learning, and Interest in Learning.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 07 May 2025 02:30
Last Modified: 07 May 2025 02:30
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item
View Item