Syarifathul Amaliah, Syarifathul Amaliah (2025) IMPROVING STUDENTS’ PRONUNCIATION ABILITY BY IMPLEMENTING THE STAD MODEL AT SMAN 1 CAMPALAGIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI 2025 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI 2025 (pdf.io).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI 2025.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pelafalan siswa. Desain penelitian ini menggunakan pra-eksperimental dengan melakukan pre-test dan post-test satu kelompok, pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 1 Campalagian. Populasi penelitian ini sekitar 400 siswa dari 10 kelas dengan menggunakan teknik random sampling, peneliti mengambil sampel sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes dan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pelafalan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase kemampuan siswa pada tes akhir yang dilakukan di SMAN 1 Campalagian. Data penelitian ini dianalisis melalui SPSS. Nilai rata-rata yang diperoleh pre-test kelompok eksperimen adalah 35,38 sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 52,25. Nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen. Nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa distribusi data pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah normal. Kemudian, hasil persepsi siswa diperoleh persentase rata-rata total sebesar 35,17 atau dengan persentase 87,93% yang menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan STAD mencapai kategori baik. Hasil respon siswa yang diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada setiap siswa memberikan pengaruh yang positif karena hampir semua responden memberikan jawaban yang baik terhadap penerapan ini.
This study aims to determine the effect and students' perceptions of the implementation of the STAD type cooperative learning model as a learning strategy in improving students' pronunciation skills. This research design used preexperimental by conducting pre-test and post-test of one group, quantitative approach. The research location was conducted at SMAN 1 Campalagian. The population of this study was about 400 students from 10 classes by using random sampling technique, the researcher took a sample of 40 students. The instruments
of this research were tests and questionnaires. The research data analysis used descriptive statistical techniques. The results showed that the implementation of STAD type cooperative learning model can improve students' pronunciation ability. This is indicated by the increase in the percentage of students' ability in the final test conducted at SMAN 1 Campalagian. The data of this study were analysed through SPSS. The average value obtained by the pre-test of the experimental group was 35.38 while the average value of the post-test of the experimental group was 52.25. The mean value of the pre-test of the experimental group was lower than the mean value of the post-test of the experimental group. (2-tailed) < 0.05 so it can be concluded that the distribution of pre-test and post-test data of the experimental class is normal. Then, the results of student perceptions obtained a total average percentage of 35.17 or with a percentage of 87.93% which indicates that student responses to the application of STAD reach the good category. The results of student responses obtained through questionnaires distributed to each student had a positive effect because almost all respondents gave good answers to this application.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran koperatif, STAD, Pelafalan, Persepsi siswa/Cooperative Learning, STAD, Pronunciation, Student Perception |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 06 May 2025 07:40 |
Last Modified: | 06 May 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1813 |