ASTI, YUNIERSI (2025) IMPLEMENTING WORD CARD MEDIA USING KAHOOT! TO IMPROVE ENGLISH READING COMPREHENSION FOR CLASS VII STUDENTS. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI_ASTI YUNIERSI_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ASTI YUNIERSI_organized.pdf
Download (842kB)
![[thumbnail of SKRIPSI_ASTI YUNIERSI.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ASTI YUNIERSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media kartu kata menggunakan Kahoot! dalam meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 MAJENE, dengan pendekatan kuantitatif dan desain true eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari
pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman membaca siswa dan angket untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa setelah menggunakan media kartu kata menggunakan Kahoot! Hasil penelitian ini menunjukkan berhasil meningkatkan pemahaman membaca siswa yang terlihat dari rata-rata skor posttest yaitu 73,72 lebih tinggi dari rata-rata skor pre-test yaitu 31,92. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima. Selain itu, persepsi siswa juga positif dengan skala penilaian 66.8, dengan mayoritas sangat setuju bahwa metode ini meningkatkan pemahaman membaca mereka, membantu mereka memahami teks dengan lebih mudah, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka selama berdiskusi. Guru dan siswa disarankan untuk terus mengintegrasikan media interaktif seperti Kahoot! dalam proses pembelajaran sedangkan untuk peneliti selanjutnya peneliti dapat membandingkan efektivitas media kartu kata dengan aplikasi atau platform interaktif lainnya, seperti Quizizz atau Mentimeter, untuk mengetahui media mana yang efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | IMPLEMENTING WORD CARD MEDIA USING KAHOOT! TO IMPROVE ENGLISH READING COMPREHENSION FOR CLASS VII STUDENTS |
Uncontrolled Keywords: | Media kartu kata, Kahoot!, Pemahaman Membaca |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 05 May 2025 00:36 |
Last Modified: | 05 May 2025 00:36 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1776 |