NUR, HIDAYAH (2025) THE EFFECT OF USING FLASHCARDS TO IMPROVE STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY AT SMPN 3 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of 2025_Skripsi_Nur hidayah_060133.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2025_Skripsi_Nur hidayah_060133.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 2025_Skripsi_Nur hidayah_060133_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2025_Skripsi_Nur hidayah_060133_organized.pdf
Download (659kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan flashcard dalam meningkatkan kosakata Bahasa inggris siswa apakah berpengaruh signifikan dan untuk mengetahui pendapat siswa setelah menggunakan flashcard dalam belajar kosakata Bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 3 Majene yang berjumlah 256 siswa, Adapun sampel pada penelitian ini kelas VII Columbus yang berjumlah 32 siswa. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan tes (pre-test and post-test) dan kuesioner persepsi siswa. Sedangkan analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji t atau paired sample test. Hasil analisis data pembelajaran menggunakan flashcard dapat dilihat pada bagian test mengalami peningkatan yaitu pada pretest nilai rata-rata 56,40 sedangkan pada post-test nilai rata-rata 76,09. Data yang dihasilkan pada uji normalitas pretest yaitu (0,118>0,05) ini menunjukkan data berdistribusi normal dan pada uji normalitas post-test (0,228>0,05) menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji paired sample test diperoleh nilai sig 0,001<0,05, dan nilai tcount >ttable yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcard berpengaruh dapat meningkatkan kosakata Bahasa inggris siswa kelas VII Columbus SMPN 3 Majene. Adapun hasil angket persepsi siswa menunjukkan respon sangat baik mengenai penggunaan flashcard dengan nilai rata-rata 81%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | THE EFFECT OF USING FLASHCARDS TO IMPROVE STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY AT SMPN 3 MAJENE |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Flashcard, Kosakata |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 05 May 2025 00:07 |
Last Modified: | 05 May 2025 00:07 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1773 |