Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DANPENGUASAANKONSEPSISWAKELASXIIPA SMA NEGERI 1 MAMBI

Venni, Venni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DANPENGUASAANKONSEPSISWAKELASXIIPA SMA NEGERI 1 MAMBI. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of SKRIPSI VENNI_organized.pdf] Text
SKRIPSI VENNI_organized.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[thumbnail of SKRIPSI VENNI.pdf] Text
SKRIPSI VENNI.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep sangat penting dalam semua mata pelajaran, tetapi pencapaiannya masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model RQA, dan kelas kontrol dengan model konvensional yaitu model pembelajaran langsung (Direct instruction). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mambi, yang terletak di Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, dan pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling jenuh. SPSS versi 25 digunakan untuk mengolah data dan menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model RQA berdampak signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang dapat dilihat pada nilai signifikansi adalah 0,000 kurang dari 0,05. Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menunjukkan model RQA efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa.

jects, but their achievement is still not optimal. This research looks at how the Reading, Questioning, and Answering (RQA) learning model influences the critical thinking skills and concept mastery of class XI students at SMA Negeri 1 Mambi. This research uses a quantitative approach and involves two classes, namely the experimental class using the RQA model, and the control class using the conventional model, namely the direct instruction model. This research was conducted at SMA Negeri 1 Mambi, which is located in Mambi District, Mamasa Regency, West Sulawesi Province, and sampling used the saturated sampling method. SPSS version 25 was used to process data and analyze it. The research results show that the use of the RQA model has a significant impact on students' critical thinking abilities and mastery of concepts which can be seen in the significance value of 0.000 less than 0.05. The null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, indicating that the RQA model is effective in improving students' critical thinking skills and mastery of concepts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: : Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mambi
Uncontrolled Keywords: RQA, Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Nurhasyim@gmail.com
Date Deposited: 02 May 2025 03:18
Last Modified: 02 May 2025 03:18
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item
View Item