NUR ARINDA, NUR ARINDA (2024) THE EFFECTIVENESS OF TEACHING VOCABULARY BY USING PUPPET AT FIRST GRADE OF SMPN 3 PAMBOANG. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
![[thumbnail of NUR ARINDA.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR ARINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of NUR ARINDA_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR ARINDA_organized.pdf
Download (604kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas VII di SMPN 3 PAMBOANG dengan menggunakan boneka.Umumnya penggunaan Boneka sebagai alat bantu mengajar terutama ditujukan untuk meningkatkan proses pengajaran agar lebih memotivasi dan menarik bagi siswa. Mengajar dengan menggunakan Boneka akan lebih menarik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 PAMBOANG, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 3 PAMBOANG Tahun Pelajaran 2023/2024. Jumlah sampel terdiri dari 58 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pre-experimental design pre-test and post-test, yaitu pengaruh perlakuan dinilai dengan selisih antara nilai pre-test dan post-test. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis, peneliti menemukan bahwa dengan menggunakan boneka dalam pembelajaran Bahasa Inggris mampu meningkatkan penguasaan kosakata. Penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan dengan melihat nilai rata-rata pre-test adalah . Pada akhir pembelajarandengan menggunakan Boneka untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa meningkat setelah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata pos-test adalah 34. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai setelah pemberian perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan.Uji independent sample T-test menunjukkan bahwa sig 2 tailed 0,000) < 0,05, sehingga nilai T-test lebih kecil dari sig. Nilai 0,05 maka dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima sedangkan tanpa (H0) ditolak. Pembelajaran menggunakan Puppet tampaknya signifikan dalam peningkatan penguasaan kosakata siswa. Dapat
disimpulkan bahwa perlakuan telah efektif.
This study aimed to determine the improvement of VII A grade students vocabulary mastery in SMPN 3 PAMBOANG through the puppet. Puppet as a tool is mainly intended to improve the teaching process to make it more motivating and interesting for students. Teaching by using puppet was be more interesting. This research was conduct at the SMPN 3 PAMBOANG. The population of this study was class VII A of 30 students. To collect data the researcher used a pre-experimental design pre testpost test, namely the effect of treatment which was assessed by the difference in values between the pre testpost test. To collect data the researcher use a test instrument consisting pre testpost test. Based on the analisys, the researcher found that by using puppet in learning English, it was able to improve the vocabulary mastery. The students vocabulary
mastery improved sugnificantly by looking at the mean score of the pre testwas .at the end of the lesson, using puppet to improve students vocabulary achievement increased after being given treathment. The average post test score was 34,2. The result showed that the score after administration was higher than before. The average value of the t-test of students learning out comes is .the independent sample T-test showed that sig tailed 0.000)<0.05, so the t-test value was smaller than sig. value of 0.05, it can be said the alternative hypothesis (H1) is accepted while without (H0) is rejected. Learning English vocabulary it can be said the
treathment has been effective
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Efektivitas pengajaran kosakata dengan menggunakan boneka dpada siswa kelas 1 SMPN 3 Pamboang |
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Kosakata, Boneka |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Nurhasyim@gmail.com |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:10 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1769 |