RAHMADINA, RAHMADINA (2024) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DISETIAP AKHIR PERTEMUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 WONOMULYO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI RAHMADINA.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAHMADINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of SKRIPSI RAHMADINA (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAHMADINA (pdf.io).pdf
Download (1MB)
Abstract
Pengaruh metode pemberian tugas disetiap akhir pertemuan pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Wonomulyo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pemberian tugas ini memiliki pengaruh atau tidak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian quasi eksperimen (ekperimen semu) dan menggunakan desain post-test only control group design, dengan melibatkan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan
jumlah masing-masing 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas kelas XII IPA IV sebagai kelas eksperimen dengan kelas XII IPA V sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes kepada siswa dan dianalisis deskriptif dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan motode pemberian tugas disetiap akhir pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi evolusi memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis menggunakan uji-T didapatkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi dari uji independent sample t-test sebesar 0,033. sig 0,033<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
The influence of the method of giving assignments at the end of each biology learning meeting on the learning outcomes of class This research is a quantitative research using a quasi-experimental research model and using a post-test only control group design, involving two classes as a control class and an experimental class with 36 students each. The sampling technique used a purposive sampling
technique consisting of class XII IPA IV as the experimental class with class XII IPA V as the control class. The data collection technique was carried out by giving tests to students and analyzed descriptively with the help of the SPSS 25 program. The results of the research showed that the application of the assignment method at the end of each lesson on student learning outcomes in evolutionary
material had a significant influence. This can be seen in the test results hypothesis using the T-test, the results of data analysis obtained a significance value from the independent sample t-test of 0.033.sig 0.033<0.05, so H0 was rejected and Ha was accepted.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pemberian tugas Di Akhir Pertemuan,Learning Outcomes, Giving assignments at the end of the meeting |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:26 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:26 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1758 |