SIDIRA, SIDIRA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIKPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPASMAN 1 CAMPALAGIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SIDIRA PENDIDIKAN BIOLOGI_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SIDIRA PENDIDIKAN BIOLOGI_organized.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SIDIRA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SIDIRA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing adalah model pembelajaranyangmenekankan pada proses penemuan konsep dan hubungan antar konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikanantara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritispeserta didik kelas XII MIPA di SMAN 1 Campalagian. Populasi pada penelitianini adalah peserta didik kelas XII di SMAN 1 Campalagian. Teknik pengambilansampel dilakukan dengan cluster random , sehingga sampel yang digunakanberjumlah 69 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dalambentuksoal essay yang dibuat kemudian disebarkan kepada peserta didik. Data hasil penelitiandianalisis menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadapkemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas XII MIPAdi SMAN1Campalagian, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakanuji Independent Sample T-Test yaitu nilai Sig. (0,04) < 0,05. Sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima, yang artinya model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadapkemampuan berpikir kritis peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIKPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPASMAN 1 CAMPALAGIAN |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan BerpikirKritis. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:25 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1749 |