RAHMATIA, RAHMATIA (2025) ANALISIS KESESUAIAN MODUL AJAR TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 TINAMBUNG DI ERA KURIKULUM MERDEKA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of File skripsi Rahmatia.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File skripsi Rahmatia.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of File skripsi Rahmatia (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File skripsi Rahmatia (pdf.io).pdf
Download (581kB)
Abstract
Modul ajar merupakan bentuk penerapan dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP), dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai tujuan utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian modul ajar terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung di Era Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa SMA Negeri 1 Tinambung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi, dan teknik dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data juga terdiri dari empat tahap yaitu pengujian kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung di Era Kurikulum Merdeka telah disusun dengan baik, mencakup kelengkapan dan kesesuaian yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran biologi juga berjalan dengan efektif, menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar berhasil mendukung proses belajar siswa secara optimal.
The teaching module is a form of application of the Learning Objectives Flow (ATP) which was developed based on Learning Achievements (CP), with the Pancasila Student Profile as the main objective. The aim of this research is to analyze the suitability of teaching modules for the implementation of biology learning for class X SMA Negeri 1 Tinambung students in the Independent Curriculum Era. The approach used in this research is descriptive qualitative, using a case study research design. The research subjects consisted of teachers and students of SMA Negeri 1 Tinambung. The instruments used in this research were interviews, observation and documentation. This research data was analyzed using data analysis techniques, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity testing also consists of four stages, namely testing credibility, transferability, dependability and confirmability. The results of this research indicate that the teaching module used in biology learning for class Apart from that, the implementation of biology learning also ran effectively, showing that the use of the module was successful in supporting the student learning process optimally.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, Pelaksanaan pembelajaran, Kurikulum Merdeka,Teaching module, Implementation of learning, Independent curriculum |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1730 |