Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE

MURTADA, MUTAHRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI MURTADA MUTAHRI_organized.pdf] Text
SKRIPSI MURTADA MUTAHRI_organized.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of SKRIPSI MURTADA MUTAHRI.pdf] Text
SKRIPSI MURTADA MUTAHRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap minat dan hasil belajar
matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majene dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan minat belajar matematika dan hasil belajar
matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu berdasarkan uji N-Gain pada kelas eksperimen untuk minat belajar matematika dan hasil belajar matematika sebesar 0,7 atau dapat dikatakan penerapan model inquiry based learning termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol NGain sebesar 0,4 baik minat belajar matematika dan hasil belajar matematika termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap minat belajar matematika
dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Model Inquiry Based Learning, Minat Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:09
Last Modified: 21 Apr 2025 01:09
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item
View Item