MURTADA, MUTAHRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI MURTADA MUTAHRI_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MURTADA MUTAHRI_organized.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of SKRIPSI MURTADA MUTAHRI.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MURTADA MUTAHRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap minat dan hasil belajar
matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majene dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan minat belajar matematika dan hasil belajar
matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu berdasarkan uji N-Gain pada kelas eksperimen untuk minat belajar matematika dan hasil belajar matematika sebesar 0,7 atau dapat dikatakan penerapan model inquiry based learning termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol NGain sebesar 0,4 baik minat belajar matematika dan hasil belajar matematika termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap minat belajar matematika
dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE |
Uncontrolled Keywords: | Model Inquiry Based Learning, Minat Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 01:09 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1680 |