Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANBERBASIS SOMATIC,AUDITORY, VISUAL,INTELLECTUAL (SAVI)BERBANTUAN EDPUZZLEPADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS XI SMAN 3 MAJENE

PEBRIANTI, PEBRIANTI (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANBERBASIS SOMATIC,AUDITORY, VISUAL,INTELLECTUAL (SAVI)BERBANTUAN EDPUZZLEPADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS XI SMAN 3 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of 2402 SKRIPSI PEBRIANTI_fikss.pdf] Text
2402 SKRIPSI PEBRIANTI_fikss.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 2402 SKRIPSI PEBRIANTI_fikss_organized.pdf] Text
2402 SKRIPSI PEBRIANTI_fikss_organized.pdf

Download (999kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran fisika menggunakan materi Hukum Newton berbantuan Edpuzzle untuk kelas XI MIPA tingkat SMA yang memenuhi kriteria kelayakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Subjek penelitian penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Majene. Tahap penelitian dimulai dengan Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Dissemination). Kelayakan video pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Valid diperoleh dari hasil validasi ahli, praktis diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik, dan efektif diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dari 3 validator secara keseluruhan berada pada kriteria sangat valid, dengan perserntase 90,42%. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada uji coba terbatas sebanyak 5 respoden, dan pada uji coba luas sebanyak 27
responden.Berdasarkankedua uji coba tersebut diperoleh respon peserta didik dan guru memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 81,52% dan 91,25%. Untuk tes hasil belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan persentase 81,49%. Olehnya itu, video pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANBERBASIS SOMATIC,AUDITORY, VISUAL,INTELLECTUAL (SAVI)BERBANTUAN EDPUZZLEPADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS XI SMAN 3 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, SAVI, Edpuzzle
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2025 00:57
Last Modified: 21 Apr 2025 00:57
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item
View Item