Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ÁN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AND THEIR PERCEPTION TOWARDS THE USE OF VLOGS IN LEARNING SPEAKING

JAMANI, JAMANI (2025) ÁN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AND THEIR PERCEPTION TOWARDS THE USE OF VLOGS IN LEARNING SPEAKING. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of jilid tHESIS.pdf] Text
jilid tHESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of jilid tHESIS_organized.pdf] Text
jilid tHESIS_organized.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berbicara siswa melalui vlog, serta untuk mengetahui bagaimana persepsi mereka terhadap penggunaan vlog dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan quntitatif deskriptif. Peneliti melakukan observasi atau analisis terhadap vlog siswa untuk melihat sejauh mana kemampuan berbicara siswa dalam vlog tersebut. Peneliti juga membagikan angket serta melakukan wawancara untuk mengumpulkan data berupa pandangan siswa terhadap penggunaan vlog dalam pembelajaran bahasa inggris. pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purpossive sampling dimana siswa
yang menjadi responden adalah siswa yang memenuhi syarat yang diberikan oleh peneliti. Adapun dari hasil analisis vlog siswa, menunjukkan kemampuan berbicara siswa yang masih kurang karena dari hasil analisis, ternyata nilai siswa berada pada kategori E dengan rentang <59, dan hanya 1 siswa yang berada pada rentang 80-90 dan masuk kategori B. Sedangkan dari hasil analisis questionnire menunjukkan bahwa siswa setuju dan merespon dengan baik penggunaan vlog sebagai sarana latihan dalam pembelajaran bahasa inggris. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan questionnaire yang menunjukkan bahwa siswa menyukai dan senang terhadap penggunaan vlog dalam pembelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi, terkait manfaat vlog, siswa tidak menunjukkan hasil yang signifikan bahwa vlog bermanfaat bagi peningkatan skill berbicara siswa. Siswa juga bersifat netral terhadapp saran bahwa pembuatan vlog bagus untuk ditambahkan pada modul ajar guru. Berdasarkan hasil wawancara, tidak ada siswa yang memberi respon negatif, hanya beberapa keluhan terkait sarana dan prasarana yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: ÁN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AND THEIR PERCEPTION TOWARDS THE USE OF VLOGS IN LEARNING SPEAKING
Uncontrolled Keywords: Speaking Skill, Vlog, Students Perception
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2025 00:45
Last Modified: 21 Apr 2025 00:45
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item
View Item