Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

ARFADINA, ARFADINA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI ACC PENGUJI 01 (1)_organized.pdf] Text
SKRIPSI ACC PENGUJI 01 (1)_organized.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of SKRIPSI ACC PENGUJI 01 (1).pdf] Text
SKRIPSI ACC PENGUJI 01 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning menggunakan strategi giving question and getting answer terhadap keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning menggunakan strategi giving question and getting answer terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik pada kelas eskperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent
control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total. Adapun hasil penelitian keaktifan peserta didik yang diperoleh rata-rata 72,2% berada pada kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 69,3% pada kategori tinggi pada kelas kontrol. Sementara indikator pemahaman konsep diperoleh rata rata
persentase sebesar 76,5%% pada kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 48,1% berada di kategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil Uji-T diperolah nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning menggunakan strategi giving question and getting answer terhadap keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning menggunakan strategi giving
question and getting answer terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik pada kelas eskperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; GQGA; Keaktifan; Pemahaman Konsep
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com
Date Deposited: 10 Apr 2025 00:41
Last Modified: 10 Apr 2025 00:41
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item
View Item