MUSLIANI, MUSLIANI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TAPALANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024_organized (1).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024_organized (1).pdf
Download (579kB)
Abstract
Pembelajaran Biologi yang efektif melibatkan peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar. Namun proses belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tapalang masih belum menunjukkan keaktifan belajar serta hasil dan minat belajar siswa rendah. Sebagai upaya dalam meningkatkan hasil dan minat belajar siswa, maka diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Mind Map terhadap minat dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas Eksperimen XI MIPA II berjumlah 30 siswa dan kelas Kontrol XI MIPA I berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu angket minat belajar dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat kelas eksperimen dengan nilai posttest rata-rata 77,33, termasuk kategori baik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,19 termasuk
kategori cukup, sedangkan hasil minat belajar kelas eksperimen rata-rata 27, 29 termasuk kategori sedang, pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 18,56, termasuk kategori rendah. Kemudian pada hasil uji hipotesis minat belajar dengan nilai signifikan 0,765 > 0,05, maka H0 diterima H1 ditolak, dan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Mind Map terdapat pengaruh minat dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMAN 1 Tapalang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TAPALANG |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Minat dan Hasil Belajar, Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map, Siswa |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Irman Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:42 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1446 |