Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TAPALANG

MUSLIANI, MUSLIANI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TAPALANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024.pdf] Text
FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024_organized (1).pdf] Text
FILEE - WWORDD_SKRIPSI MUSLIANI_H0320009_2020-2024_organized (1).pdf

Download (579kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi yang efektif melibatkan peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar. Namun proses belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tapalang masih belum menunjukkan keaktifan belajar serta hasil dan minat belajar siswa rendah. Sebagai upaya dalam meningkatkan hasil dan minat belajar siswa, maka diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Mind Map terhadap minat dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas Eksperimen XI MIPA II berjumlah 30 siswa dan kelas Kontrol XI MIPA I berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu angket minat belajar dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat kelas eksperimen dengan nilai posttest rata-rata 77,33, termasuk kategori baik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,19 termasuk
kategori cukup, sedangkan hasil minat belajar kelas eksperimen rata-rata 27, 29 termasuk kategori sedang, pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 18,56, termasuk kategori rendah. Kemudian pada hasil uji hipotesis minat belajar dengan nilai signifikan 0,765 > 0,05, maka H0 diterima H1 ditolak, dan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Mind Map terdapat pengaruh minat dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMAN 1 Tapalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 TAPALANG
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Minat dan Hasil Belajar, Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map, Siswa
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:42
Last Modified: 13 Feb 2025 02:42
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item
View Item