Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING GUESSING GAME STRATEGY AT THE SECOND GRADE OF SMA NEGERI 1 ALU

DIAN SHAFIRA, DIAN SHAFIRA (2023) INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING GUESSING GAME STRATEGY AT THE SECOND GRADE OF SMA NEGERI 1 ALU. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI DIAN SHAFIRA C.pdf] Text
SKRIPSI DIAN SHAFIRA C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN SHAFIRA C (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI DIAN SHAFIRA C (pdf.io).pdf

Download (955kB)

Abstract

Tesis ini membahas pentingnya penggunaan strategi permainan tebak-tebakan dalam pengajaran penguasaan kosakata dan persepsi siswa dalam menggunakan strategi permainan tebak-tebakan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan strategi permainan tebak-tebakan dalam suatu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut; (1) Apakah strategi permainan tebak-tebakan meningkatkan kosakata siswa secara signifikan?, (2) Bagaimana persepsi siswa terhadap strategi permainan tebaktebakan dalam pembelajaran kosakata? Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA Negeri 1 Alu. Teknik total sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah siswa kelas XI IPA. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan wawancara sebagai alat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan pre test sebelum menerapkan strategi dan post test diberikan setelah menggunakan strategi dalam pembelajaran, serta mengklasifikasikan data wawancara. Seluruh data dianalisis menggunakan aplikasi evaluasi (content analysis). Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan penggunaan strategi permainan tebak-tebakan terhadap penguasaan kosakata siswa. Nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari Sig. tingkat (0,000 < 0,05). maka dapat disimpulkan H1 diterima. Kemudian, untuk hasil yang kedua menunjukkan adanya respon positif dari siswa yang ditunjukkan dari hasil angket yang dikumpulkannya. Siswa menyatakan bahwa penggunaan strategi permainan tebaktebakan membuat mereka mudah dan menarik dalam mempelajari kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Strategi Guessing game, Persepsi siswa
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 17 Dec 2024 01:52
Last Modified: 17 Dec 2024 01:52
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item
View Item