Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

THE USE OF SCAFFOLDING TALK TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Askur, Askur (2024) THE USE OF SCAFFOLDING TALK TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of SKRIPSI ASKUR H0117329.pdf] Text
SKRIPSI ASKUR H0117329.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASKUR H0117329_organized.pdf] Text
SKRIPSI ASKUR H0117329_organized.pdf

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan tehnik Scaffolding Talk dan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan tehnik Scaffolding Talk. Lokasi
penelitian ini berada di SMPN Limboro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah desain kuasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN Limboro. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui test yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan pra- test dan pasca-test serta membagikan angket persepsi kepada siswa. Data penelitian ini di analisis menggunakan analisis parametril berupa uji independent t-test melalui SPSS. Nilai rata rata post-test siswa pada kelas eksperimental adalah 59.36 sedangkan pada kelas kontrol adalah 44.20. Sementara hasil uji independent t-test menunjukkan bahwa sig. (2-tailed = 0,000) < 0,05. Hal tersebut berarti penggunaan tehnik Scaffolding Talk dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa dalam berbahasa inggris. Selain itu, persepsi siswa terhadap teknik scaffolding sangat positif. Mayoritas signifikan (93%) setuju bahwa teknik ini meningkatkan keterampilan berbicara mereka, dengan peningkatan mencolok pada pelafalan, kosakata, dan kelancaran. Teknik ini juga meningkatkan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris dan keterlibatan di kelas. Secara keseluruhan, respons ini menunjukkan bahwa teknik scaffolding adalah metode yang efektif dan diterima dengan baik untuk meningkatkan keterampilan
berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Penggunaan Tehnik Scaffolding Talk untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa
Uncontrolled Keywords: Tehnik Scaffolding Talk, Kemampuan Berbicara
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:14
Last Modified: 29 Nov 2024 07:14
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item