Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

STRATEGI PEMASARAN TAHU “UD NUR CAHYO” DI DESA SUGIWARAS KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Riska, Bayani (2023) STRATEGI PEMASARAN TAHU “UD NUR CAHYO” DI DESA SUGIWARAS KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of null.pdf] Text
null.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of null_organized.pdf] Text
null_organized.pdf

Download (398kB)

Abstract

UD Nur Cahyo merupakan salah satu perusahaan tahu terbesar di Wonomulyo dengan pendapatan perbulan sebanyak ± 15 juta rupiah namun pada tahun 2020 pendapatan tersebut menurun drastis diakibatkan wabah Covid 19, oleh karena itu adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada usaha tahu dan untuk merumuskan strategi pemasaran tahu tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sugiwaras Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 21 orang yaitu karyawan UD Nur Cahyo, pedagang tahu dan konsumen tahu. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal usaha yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk merancang strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi internal pemasaran tahu memiliki nilai 25.992 sedangkan pada kondisi eksternal pemasaran tahu memiliki nilai 29.52. Posisi usaha pemasaran tahu UD Nur Cahyo saat ini berada pada fase strategi agresif. Hasil ini dibuktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT yang menunjukkan keadaan usaha berada pada kuadran I sangat menguntungkang UD Nur Cahyo dapat memanfaatkan peluang yang ada serta kekauatan internal yang dimiliki. Strategi yang sebaiknya diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertmbuhan yang agresif (strategi berorientasi pertumbuhan), dengan menerapkan strategi SO yaitu mempertahankan kualitas produk dan memperluas
jaringan distribusi serta pemasaran, pada strategi WO membuat inovasi produk baru. Untuk strategi ST yang dilakukan yaitu membuat kesepakatan kerja sama dengan mitra pasar dan meningkatkan penggunaan teknologi. Selanjutnya strategi WT yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi lewat online dan offline dan mempertahankan kualitas serta penyesuaian harga

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Strategi pemasaran tahu “UD Nur Cahyo” di Desa Sugiwaras Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar
Uncontrolled Keywords: analisis swot, strategi pemasaran, tahu
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:55
Last Modified: 25 Nov 2024 06:55
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item
View Item