Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYUR SELADA HIDROPONIK MAMUJU KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT

Lita, Mayansari (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYUR SELADA HIDROPONIK MAMUJU KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_LITA_MAYANSARI baru.pdf] Text
SKRIPSI_LENGKAP_LITA_MAYANSARI baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_LITA_MAYANSARI baru_organized.pdf] Text
SKRIPSI_LENGKAP_LITA_MAYANSARI baru_organized.pdf

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sayur selada dan mengetahui perilaku konsumen dalam membeli sayur selada berdasarkan atribut sayur serta atribut pasar. Penelitian dilakukan kabupaten di Mamuju. Data primer diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel adalah 50 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. pada tahap proses pengambilan keputusan. Analisis tahapan proses pengambilan keputusan pembelian konsumen digunakan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian sayur selada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam proses pengambilan keputusan adalah (1) tahap pengenalan kebutuhan konsumen yaitu sebagian besar konsumen
memilih sayur selada dengan manfaat yang dicari yaitu menambah cita rasa, memenuhi gizi dan vitamin serta pola hidup sehat; (2) pencarian informasi, sebagian besar dari keluarga/teman; (3) evaluasi alternatif, sebagian besar membeli karena atribut fisik sayur selada serta harga; (4) keputusan pembelian, sebagian besar konsumen tetap membeli jika mengalami kenaikan harga; dan (5) perilaku pasca pembelian, dimana sebagian besar konsumen merasa puas dengan produk tersebut, sehingga mereka melakukan pembelian ulang terhadap produk tersebut. Adapun perilaku konsumen dalam membeli sayur selada berdasarkan atribut sayur serta atribut pasar. Penelitian ini menggunakan 9 atribut yakni tekstur, kesegaran, kecerahan warna, kebersihan, harga, keragaman produk, keramaian, kebersihan tempat dan sarana parkir. Skor sikap konsumen sayur selada sebesar 8,91 dengan kategori sikap positif dan sangat penting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayur Selada Hidroponik Mamuju Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.
Uncontrolled Keywords: sayur selada, perilaku konsumen dan proses pengambilan keputusan
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:29
Last Modified: 20 Nov 2024 03:29
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item
View Item