ASRIANI, ASRIANI (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA PADA MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) DI SMA NEGERI 2 TAPALANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
SKRIPSI - ASRIANI (pdf.io).pdf
Download (563kB)
SKRIPSI - ASRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA Pada Materi Tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design dengan sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu MIPA 1 dan MIPA 2 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket minat belajar siswa. Analisis data menggunakan kriteria uji hipotesis. Minat belajar siswa Kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan berada pada skor rata-rata 70,04. Sedangkan minat belajar siswa kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran direct instruction berada pada skor rata-rata 67,12. Adapun hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran
kontekstual berbasis lingkungan terhadap minat belajar siswa kelas X MIPA pada materi tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan, Minat belajar siswa |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email Aryati@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 01:53 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 01:53 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1115 |