Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO (THE STRUCTURE OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA LEVEL RENDAH TERHADAP SISWA KELAS VIII SMPN SATAP SALARRI

DEWI ANJASARI, DEWI ANJASARI (2023) DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO (THE STRUCTURE OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA LEVEL RENDAH TERHADAP SISWA KELAS VIII SMPN SATAP SALARRI. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI_DEWI ANJASARI_H0219002_KLS PEND. MTK A 2019 .pdf] Text
SKRIPSI_DEWI ANJASARI_H0219002_KLS PEND. MTK A 2019 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DEWI ANJASARI_H0219002_KLS PEND. MTK A 2019 (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI_DEWI ANJASARI_H0219002_KLS PEND. MTK A 2019 (pdf.io).pdf

Download (361kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar ditinjau dari taksonomi solo (the structure observed learning outcomes) pada level rendah terhadap siswa kelas VIII SMPN Satap Salarri semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa dan dipilih sebanyak 5 siswa untuk mewakili
kesalahan dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar ditinjau dari taksonomi solo. Instrumen yang digunakan berupa tes yang berbasisntaksonomi solo, dokumentasi, dan wawancara untuk melengkapi serta memperkuat informasi yang diperoleh dari tes materi operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tersebut berada pada dua level taksonomi solo. Level tersebut adalah level prastruktural dan unistruktural. Karakteristik kesalahan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar pada level prastruktural melakukan kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Kemudian, pada level unistruktural siswa juga melakukan kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data dan kesalahan penarikan kesimpulan. Karakteristik kesalahan siswa dalam menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata pada level prastruktural melakukan kesalahan konsep, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan menggunakan data, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Kemudian, pada level unistruktural siswa melakukan kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data dan kesalahan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Deskripsi kesalahan, Taksonomi solo, Operasi bentuk aljabar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 30 Oct 2024 00:56
Last Modified: 30 Oct 2024 00:56
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item