Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TINAMBUNG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Masleli, Ridwan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TINAMBUNG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of SKRIPSI MASLELI RIDWAN  (H0318333) Fix - CD.pdf] Text
SKRIPSI MASLELI RIDWAN (H0318333) Fix - CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI MASLELI RIDWAN  (H0318333) Fix - CD_organized.pdf] Text
SKRIPSI MASLELI RIDWAN (H0318333) Fix - CD_organized.pdf

Download (762kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung pada pembelajaran biologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Model pembelajaran Time Token sebagai variabel bebas, keaktifan dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 2 kelas. Teknik pengambilan sampel berbasis purposive sampling dengan kelas X Merdeka 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Merdeka 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi keaktifan siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan prasyarat data berdistribusi normal dan homogen dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan siswa dengan model pembelajaran Time Token kelas eksperimen diperoleh nilai 81%, sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 61% 2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Time Token kelas eksperimen diperoleh nilai posttest rata-rata 78% dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59%, 3) uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,000 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1
Tinambung pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung pada pembelajaran biologi
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Time Token, keaktifan, hasil belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:37
Last Modified: 29 Oct 2024 03:37
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item
View Item