PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 4 MAJENE

SITI RAHMA, SITI RAHMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 4 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Majene.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun
jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Majene. Dengan teknik Simple
Random Sampling, sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan kelas VIII D.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan
pemahaman konsep matematika dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif dan analisis inferensial (Independent Sample T-Test).
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman
konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran
Discovery Learning berbantuan LKPD berada pada kategori sedang, sedangkan
kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan
pembelajaran langsung berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil
analisis inferensial, diperoleh bahwa nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil
dari 0,05, artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan
bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD berpengaruh
positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas
VIII di SMPN 4 Majene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, lembar kerja peserta didik, kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:30
Last Modified: 23 Jul 2024 01:30
URI: http://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item
View Item