PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI LIMBORO

RATNA, RATNA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI LIMBORO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis & Mc. Tenggart yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri Limboro yang berjumlah 17 orang. Objek penelitian adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui
model pembelajaran flipped classroom. Teknik pengumpulam data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (guru dan siswa), lembar angket respon siswa dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 64%
dengan kriteria cukup selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,35% dengan kriteria baik. Selajutnya, persentase respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I sebesar 75% dengan kriteria sedang selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83% dengan kriteria baik. Selain itu, persentase observasi guru pada siklus I sebesar 77,08% dengan kriteria cukup selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,41% dengan kriteria
baik kemudian observasi siswa pada siklus I sebesar 71% dengan kriteria cukup selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33% dengan kriteria baik. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped
classroom berbantuan video dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI LIMBORO
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran flipped classroom, kemampuan pemahaman konsep, video.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:02
Last Modified: 24 Jun 2024 02:02
URI: http://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item