CITRA, CITRA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMPN 5 CAMPALAGIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Full text not available from this repository.Abstract
Citra: Pengembangan Video pembelajaran Matematika Interaktif ditinjau dari Kemampuan Numerasi Siswa SMPN 5 Campalagian. Skripsi. Majene: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan model ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMPN 5 Campalagian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi ahli (2) lembar angket respon siswa dan guru, dan (3) tes kemampuan numerasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid oleh validator ahli media dengan penilaian sebesar 78% dalam kategori sangat valid dan ahli materi dengan penilaian 81% termasuk kategori sangat valid. Media pembelajaran dinyatakan praktis dilihat respon guru yang memberikan penilaian sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan respon siswa dengan penilaian sebesar 75% dengan kategori positif. Media pembelajaran dinyatakan efektif dilihat dari tes kemampuan numerasi siswa dari hasil analisis n-gain sebesar 0,65. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa yang termasuk dalam kategori sedang dan nilai persentase kemampuan numerasi siswa sebesar 75% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa |
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran interaktif, kemampuan numerasi |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Irman Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/302 |