PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

SERINA, SERINA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Serina: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Majene: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat 2024.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika melalui model pembelajaran prerospec berbantuan geogebra yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri Limboro. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa, angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil uji validasi media dan materi mendapatkan rata�rata nilai persentase sebesar 95,57% dan 96,1% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon guru dan siswa diperoleh skor rata-rata nilai persentase sebesar 99,1% dan 95% dengan kriteria sangat praktis dan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik sehingga bahan ajar dikatakan sangat praktis. Kemudian hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata 94% dengan kriteria tinggi dan peningkatan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar dari 45,64 menjadi 79,44 serta hasil n-gain sebesar 0,65 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang termasuk dalam kategori sedang, dalam hal tersebut bahan ajar dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Matematika, Geogebra
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Muzraq Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2024 09:40
Last Modified: 18 May 2024 09:43
URI: http://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item
View Item