PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI EASY SKETCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pykram, Pykram and Inaya Masrura, Sitt and Arifin, Sartika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI EASY SKETCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
PYKRAM: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Easysketch Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Skripsi. Majene: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi barat, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan danmenghasilkan media pembelajaran berbasis Easysketch pada mata pelajaran matematika serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan R&D yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan model ADDIE, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri Limboro. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi ahli untuk mengukur validitas media, (2) lembar angket respon siswa dan (3) lembar angket respon guru untuk megukur kepraktisan media, dan (4) lembar angket minat belajar siswa untuk megukur keefektifan media dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
pembelajaran dinyatakan valid oleh validator ahli media dengan rata-rata 3,1 dan validator ahli materi dengan rata-rata total sebesar 3,25. Media pembelajaran dinyatakan praktis dilihat respon positif yang diberikan siswa dan guru mata pelajaran matematika di kelas tersebut yaitu 83% dan 82%. Media pembelajaran dinyatakan efektif karena mampu meningkatkan minat belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran dari 49 menjadi 66 serta hasil anlisis n�gain sebesar 0,33 yang menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang termasuk dalam kategori ”sedang”. Berdasarkan data-data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Easysketch yang dikembangkan oleh peneliti memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Easysketch pada mata pelajaran matematika serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, Easysketch, efektif, valid, praktis
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mahdi Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2024 03:32
Last Modified: 18 May 2024 14:43
URI: http://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item